AYAM SILUMAN PENGHUNI HUTAN TEPI PANTAI - GOSONG KAKI-MERAH

http://www.aveslombok.com/2016/08/ayam-siluman-penghuni-hutan-tepi-pantai.html
Gosong Kaki-merah

Megapodidae - Orange-footed Scrubfowl
Megapodius reinwardt (Dumont, 1823)

Ciri Umum
Tubuh burung gosong kaki-merah dewasa berukuran sedang dengan panjang sekitar 35 cm, bulu berwarna coklat abu-abu dengan warna bulu muka kemerahan dan ada jambul pendek. Warna bulu tubuh bagian atas coklat berangan, sedangkan tubuh bagian bawah keabu-abuan dengan leher dan dada berwarna lebih gelap. Ciri yang terdapat pada burung yang masih remaja adalah pada warna bulu corak belang dan bergaris coklat gelap.

Habitat dan Kebiasaan
Lebih sering hidup berpasangan, berlari cepat di lantai hutan, semak, dan hutan mangrove. Menggaruk-garuk permukaan tanah untuk mencari makanan berupa serangga kadangkala memakan reptil seperti kadal dan ular kecil. Bila merasa terganggu akan segera terbang rendah di atas permukaan tanah. Pada malam hari biasanya bertengger di pohon-pohon untuk tidur.
Bentuk sarangnya berupa tumpukan atau tanggul-tanggul kokoh seperti bukit kecil yang terbuat dari seresah daun kering. Biasanya sarang dibuat untuk dihuni dalam waktu yang lama hingga bertahun-tahun. Burung membuat banyak lubang pada sarang untuk mengecoh predator pemangsa telur.
Betina membuat lubang menuju puncak tanggul dan meletakkan telurnya yang besar berwarna kemerah-jambuan pucat. Kemudian sesudah kurang lebih 2 bulan, burung muda akan segera keluar sarang dan belajar terbang.

Kode Suara
Xeno-canto XC31403

Perjumpaan
Untuk mengamati dan mengambil gambar burung ini terbilang cukup sulit, karena sebelumnya harus menemukan tumpukan sarangnya terlebih dahulu untuk menentukan titik pengamatan di kunjungan berikutnya, dalam area yang cukup luas jumlah individu dalam setiap lokasinya pun jarang terlihat lebih dari 2 ekor, setelah menemukan sarang kemudian pada kunjungan berikutnya sebaiknya datang ke lokasi pada pagi hari.
Tantangan dalam memotret burung gosong kaki-merah ini adalah pada keadaan kondisi cahaya yang sangat kurang karena kebanyakan burung ini bersarang dibawah tajuk hutan yang rindang dan warna burung yang cenderung gelap sehingga perlu menambah kepekaan pengaturan ISO kamera dan sebaiknya membawa tripod untuk menghindari getaran saat mengambil gambar. Untuk informasi gambar burung ini diambil di lokasi taman wisata alam hutan kerandangan Kabupaten Lombok Barat.



Contact Form

Name

Email *

Message *