BEBEK CANTIK ASAL FILIPINA - BELIBIS KEMBANG

http://www.aveslombok.com/2016/08/bebek-cantik-asal-filipina-belibis.html
Belibis kembang

Anatidae - Wandering Whistling Duck
Dendrocygna arcuata (Horsfield, 1824)

Ciri Umum
Secara keseluruhan tubuh tampak seperti bebek pada umumnya, burung belibis kembang merupakan burung pendatang atau migran. Individu dewasa mempunyai ukuran sedang dengan panjang sekitar 45 cm, warna bulunya coklat merah.
Kepala bagian atas dan leher belakang berwarna coklat gelap, pada bagian lainnya terlihat lebih pucat. Punggung dan ekornya coklat, dada coklat berangan. Bulu putih dengan warna hitam pada sisi menonjol dari bawah sayap, tungging dan ekor bawahnya putih. Warna irisnya coklat, paruh hitam, kaki memiliki selaput berwarna coklat abu - abu.

Habitat dan Kebiasaan
Sangat sering ditemukan dalam kelompok – kelompok di danau dan rawa air tawar. Beristirahat di tepian air yang terbuka atau berumput, tetapi biasanya mencari makan di dalam air, menyelam berulang - ulang. Makanannya antara lain rumput, teratai dan vegetasi air lainnya, terkadang juga memakan serangga kecil dan verteberata perairan.
Bersarang di alang - alang yang tinggi atau spot terlindung lainnya yang berada di dekat air, jumlah telurnya sampai dengan 15 butir setiap kali periode berbiak. Bersuara siulan mencicit bernada tinggi yang di keluarkan sewaktu burung ini terbang.

Kode Suara
Xeno-canto XC46906

Perjumpaan
Burung Belibis kembang merupakan burung yang cenderung lebih lama berada di permukaan air, bila merasa terganggu akan terbang berputar – putar pada lokasi pertemuan kemudian akan kembali lagi ke permukaan air untuk berenang mencari makan ataupun beristirahat, jarang sekali ditemui burung ini berada di permukaan tanah.
Jumlah burung yang terlihat pada puncak bulan – bulan tertentu saat musim migrasi tiba sekitar 10 sampai dengan 30 ekor. Untuk mendokumentasikan burung ini pengamat hanya perlu menunggu di tepi kolam. Waktu pengamatan terbaik pada pagi hari hingga jam 10 siang. Setelah itu pencahayaan kurang baik dan burung cenderung diam untuk beristirahat. Untuk informasi foto burung ini diambil di kolam penampungan air bandara internasional lombok.


Contact Form

Name

Email *

Message *