BURUNG-SEPATU JENGGER, COMB-CRESTED JACANA, IREDIPARRA GALLINACEA

http://www.aveslombok.com/2016/08/burung-sepatu-jengger-comb-crested.html
Burung-sepatu Jengger

Jacanidae - Comb-crested Jacana
Irediparra gallinacea (Temminck, 1828)

Ciri Umum
Burung sepatu jengger dewasa berukuran agak kecil dengan panjang sekitar 23 cm. bulu berwarna hitam dan putih. Pada kepalanya tampak jelas jengger berwarna merah khas seperti pada ayam, mantel bulu coklat dengan warna seperti perunggu mengkilap. Mahkota, punggung, dada, ekor, tungging dan sisi lambung berwarna hitam. Tenggorokannya putih, leher dan sisi mukanya kuning keemasan, berperut putih. Warna iris matanya coklat, paruh merah dengan ujung atau tip hitam, Warna kaki abu – abu dengan jari – jari kaki yang sangat panjang sekali. 

Habitat dan Kebiasaan
Sub spesies burung sepatu jengger Irediparra gallinacea tersebar di pulau Kalimantan selatan, Maluku, Mindanao, Sulawesi, dan Sunda Kecil. Seperti habitat burung sepatu yang lain. Burung ini sering menghuni rawa - rawa dan lahan basah air tawar yang memiliki tipe tumbuhan yang mengapung pada permukaan air.
Dengan jari kakinya yang panjang sekali sehingga mampu berjalan di atas tumbuhan air mengambang sembari mencari makanan berupa serangga air dan biji - bijian.
Sarangnya di atas tumbuhan air yang mengambang seperti enceng gondok.
Pada musim berbiak jumlah telurnya biasanya mencapai 4 butir berwarna coklat kepucatan dengan coretan hitam yang hanya dierami oleh induk burung jantan.
Suara burung ini terdengar bagai pekikan seperti suara seruling.

Kode Suara
Xeno-canto XC104994

Perjumpaan
Di pulau lombok merupakan burung yang sangat jarang sekali dijumpai karena habitat yang cocok dengannya sudah menjadi lahan produktif, foto diatas pengamat dapatkan secara tidak sengaja saat berkunjung ke penampungan air di bandara internasional lombok saat hendak mengamati burung elang tikus. Tampak hanya ada 2 ekor saja yang terlihat sedang mencari makan di atas permukaan tumbuhan air enceng gondok pada tepi kolam seluas hampir 2 hektar.
Burung sepatu jengger adalah jenis burung pendatang di lombok, hanya singgah sebentar pada bulan tertentu sehingga kesempatan untuk mengamatinya harus pada waktu yang tepat yaitu sekitar bulan februari.


Contact Form

Name

Email *

Message *