HUMMINGBIRDNYA INDONESIA - BURUNG-MADU SRIGANTI

http://www.aveslombok.com/2016/08/hummingbirdnya-indonesia-burung-madu.html
Burung-madu Sriganti

Nectariniidae - Olive-Backed Sunbirds
Cinnyris jugularis (Linnaeus, 1766)
Sinonim: Nectarinia jugularis (Linnaeus, 1766)

Ciri Umum
Burung – madu sriganti dewasanya berukuran sangat kecil dengan panjang sekitar 10 cm, Mempunyai paruh lancip dan panjang, berdarah panas, dan membiak dengan cara bertelur.
Bulu pada perutnya berwarna kuning terang, pada burung – madu sriganti jantan bercirikan dagu dan dada berwarna hitam keunguan metalik dengan punggung hijau zaitun. Sedangkan pada burung betinanya dagu dan dadanya tanpa warna hitam, warna bulu tubuh bagian atas hijau zaitun, alis biasanya tampak kuning muda. Warna iris matanya coklat tua, paruh dan kaki hitam.

Habitat dan Kebiasaan
Sering ribut dalam kelompok yang kecil, dalam berburu makanan sering berpindah - pindah dari satu pohon atau ke semak berbunga yang lain. Burung yang jantan kadang saling berkejaran mondar mandir dengan galaknya. Saat mencari makan sering terlihat burung ini melakukan hovering sambil menghisap nektar bunga.
Sering mengunjungi pekarangan, semak pantai, dan hutan mangrove. Mendatangi bunga Loranthus, Morinda, pohon pepaya, pohon dadap dan lain - lain. Makanan utamanya adalah memakan nektar bunga, serangga kecil, dan laba-laba.
Sarangnya berbentuk kantung yang tersusun dari rumput tergantung pada dahan yang rendah dan terjalin dengan kapas alang - alang. Jumlah telurnya sekitar 2 butir berwarna keputihan berbintik abu - abu putih. Burung ini berbiak sepanjang tahun.

Kode Suara
Xeno-canto XC68831

Perjumpaan
Burung penetap yang sangat umum ditemui, tersebar merata di hampir semua lokasi mulai dari pemukiman penduduk hingga kebun dan persawahan, sekelompok kecil burung pada pagi hari sering mengunjungi pekarangan – pekarangan dan pohon berbunga seperi pohon dadap merah untuk mencari makan. Mengamati burung ini sangatlah mudah, cukup menunggu pada pagi hari di sekitar pohon yang berbunga, bisa dipastikan peluang perjumpaan dengan burung - madu sriganti ini sangat besar.
Suara khas burung ini membuat pengamat dapat segera mencari lokasi tenggerannya. Untuk informasi foto burung ini diambil di sekitar pekarangan pada perumahan di pagutan lombok barat.


Contact Form

Name

Email *

Message *