PARUHNYA JADI INSPIRASI UNTUK DESAIN KEPALA KERETA API SUPER CEPAT - RAJA-UDANG BIRU

http://www.aveslombok.com/2016/08/paruhnya-jadi-inspirasi-untuk-desain.html
Raja-udang Biru

Alcedinidae - Cerulean Kingfisher
Alcedo coerulescens (Vieillot, 1818)

Ciri Umum
Burung Raja-udang Biru berukuran sangat kecil dengan panjang sekitar 14 cm, bulunya dominan berwarna biru dan putih. Warna bulu tubuh bagian atas dan garis dada biru kehijauan mengkilap, mahkota dan penutup sayapnya bergaris hitam kebiruan, kekang, tenggorokan dan bulu perut berwarna putih. Iris matanya coklat, dengan paruh hitam dan warna kaki merah.

Habitat dan Kebiasaan
Burung yang paling umum terdapat di rawa - rawa pesisir, hutan mangrove, tambak ikan dan muara sungai. Bertengger pada pohon dipinggir aliran air kecil, tambak ikan dan hutan mangrove.
Sama seperti burung raja-udang lainnya, dalam mencari makan berupa udang dan ikan – ikan kecil dengan cara meluncur atau menukik cepat untuk menyelam ke dalam air kemudian membawa mangsanya kembali ke tenggeran untuk kemudian dibanting hingga mati lalu di telan utuh - utuh. Burung terkadang terbang melayang – layang sambil mencari mangsanya, suka menggerakkan kepalanya turun naik pada saat hinggap. Sering terbang rendah dan selalu mengeluarkan suara khas saat sedang. Sarang nya berupa lubang pada dinding – dinding tanah atau bekas lubang hewan lain yang tidak terpakai lagi, biasanya berbiak pada bulan Mei hingga bulan Agustus dengan jumlah telur dalam sekali berbiak sekitar 5 butir dengan warna keputih – putihan.

Kode Suara
Xeno-canto XC37921

Perjumpaan
Burung Raja – udang Biru merupakan burung penetap yang sangat umum dan mudah di jumpai saat pengamatan pada lokasi – lokasi tersebut, jumlah populasinya juga masih tergolong sangat banyak, biasanya dalam satu lokasi pengamatan seperti pada tambak ikan dapat dijumpai hingga sampai 30 ekor individu. Pada lokasi pengamatan tampak juga beberapa ekor burung cekakak australia atau cekakak suci.
Mengamati burung ini tidaklah sulit karena pengamat cukup datang sekali saja ke lokasi untuk bertemu dan memiliki banyak pilihan serta begitu banyak momen bagus untuk di dokumentasikan. Pengaturan kamera juga lebih variatif, karena habitat burung ini lebih di tempat terbuka yang kondisi cahayanya sangat bagus. Untuk informasi foto burung Raja – udang biru ini pengamat ambil di lokasi persawahan sekitar pantai tanjung karang Ampenan.

Baca juga :
Raja udang meninting
Raja udang punggung merah
Cekakak Sungai



Contact Form

Name

Email *

Message *