ALAP-ALAP SAPI, SPOTTED KESTREL, FALCO MOLUCCENSIS

http://www.aveslombok.com/2016/09/alap-alap-sapi-spotted-kestrel-falco.html
Alap-alap Sapi

Falconidae - Spotted Kestrel
Falco Moluccensis (Linnaeus, 1758)

Ciri Umum
Burung alap-alap sapi dewasa berukuran sedang dengan panjang sekitar 30 cm, duduk di tenggeran dengan posisi tegak, berwarna dominan cokelat gelap. Pada burung alap-alap sapi yang jantan bercirikan mahkota dan tubuh dibagian atasnya berwarna coklat kekuningan, bergaris dan berbintik warna hitam tebal, tubuh dibagian bawahnya berwarna kuning suram, bercoret warna hitam tebal. Warna ekornya abu - abu agak kebiruan dengan ujung putih dan terlihat garis lebar warna hitam pada bagian subterminal. Sedangkan pada burung yang berjenis kelamin betina ukuran tubuhnya lebih besar, dengan garis tebal di ekor.
Dan pada burung yang masih remaja sekilas mirip burung dewasa, tetapi jika diperhatikan lebih terliti berwarna lebih kepucatan dan pada ekor berwarna cokelat dengan pola garis - garis gelap. Warna iris matanya coklat, paruhnya abu - abu kebiruan dengan ujung paruh hitam dan sera kuning, tungkai dan kakinya kuning.

Habitat dan Kebiasaan
Burung Alap-alap sapi tersebar luas dan cukup umum di pulau Kalimantan, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku dan Papua, sering mengunjungi daerah kawasan pesisir dataran rendah. Menghuni padang rumput terbuka dengan pohon yang sedikit, lahan budidaya, tepi hutan primer juga hutan sekunder, serta kawasan bekas pembukaan hutan hingga ketinggian 2800 m diatas permukaan laut.
Penerbang yang terlihat sangat anggun, terbang melingkar pelan mengikuti arah angin, atau melayang - layang diam diangkasa sambil mengepakkan sayapnya ketika sedang berburu. Menukik ketika akan menangkap mangsa dipermukaan tanah.
Burung ini merupakan salah satu jenis burung pemakan mamalia kecil, kelelawar, kadal, burung, dan serangga.
Sarang besar tersusun dari ranting, berlapis daun, dan lumut, pada pohon yang terisolir, atau pada lubang dipohon. Dalam setiap kali periode berbiak pada bulan april hingga bulan agustus menghasilkan telur sebanyak 4 butir berwarna merah dan berbintik coklat.
Suara burung alap-alap sapi yang masih muda berteriak berulang - ulang “kiri kiri kiri” ketika bertemu dengan induknya, atau berbunyi “kekekeke” yang keras ketika marah. Suara tersebut juga sering dikeluarkan burung dewasa untuk menunjukkan dimana wilayah teritorialnya.

Kode Suara
Xeno-canto XC284689

Perjumpaan
Burung alap-alap sapi pengamat temukan di beberapa tempat seperti seputar areal bandara internasional lombok, taman wisata alam gunung tunaq dan hutan di sekitar bangko – bangko sekotong seperti terlihat pada foto diatas.

Baca juga :
Elang tikus
Elang laut perut putih
Elang perut karat
Elang tiram
Elang bondol
Elang ular jari pendek
Elang Flores
Sikep madu asia
Elang alap coklat
Elang alap cina
Elang alap nipon
alap - alap kawah


Contact Form

Name

Email *

Message *