CAMAR SLATY-BACKED GULL, LARUS SCHISTISAGUS

http://www.aveslombok.com/2016/09/camar-siberia-heuglins-gull-siberian.html
Slaty-Backed Gull

Laridae - Slaty-Backed Gull
Larus Schistisagus (Stejneger, 1884)

Ciri Umum
Burung camar (Slaty-Backed Gull) dewasa berukuran besar dengan panjang hingga 68 cm, memiliki kepala berwarna putih, perut, ekor, punggung abu - abu gelap dan sayap dengan pinggir putih yang luas. Sayap dan punggung yang sedikit lebih gelap dari camar lainnya. Bagian tepi bawah sayapnya berpola “kalung mutiara" ini dapat dilihat dari bawah ketika burung sedang terbang. Matanya berwarna kuning. Kaki berwarna merah muda dan pendek bila dibandingkan dengan burung camar lain yang tampak serupa, dan tubuh tampak lebih gagah. bulu burung camar yang belum dewasa berwarna coklat, mirip dengan burung great black-backed gull, tapi lebih pucat.

Habitat dan Kebiasaan
Camar (Slaty-Backed Gull) Larus schistisagus adalah camar putih berkepala besar yang berkembang biak di pantai barat Alaska tapi mengembara secara luas selama musim tidak berbiak. Sangat mirip dengan western gull dan the glaucous-winged gull. Nama alternatif lain adalah Camar Pacific, meskipun ini juga berlaku untuk spesies camar di belahan bumi bagian selatan, Larus pacificus.
Merupakan spesies camar terbesar keempat di dunia. Seperti burung camar lain, camar (Slaty-Backed Gull) adalah burung pengembara yang sangat tangguh.

Kode Suara
Xeno-Canto XC294817

Perjumpaan

Hanya dijumpai dan tercatat 1 ekor saja di pantai ampenan, teramati burung camar (Slaty-Backed Gull) yang tidak berbiak atau masih muda, jenis ini tercatat bersama burung dara laut jambul dan burung angsa batu coklat mencari makan dan berputar – putar pada lokasi pengamatan. Bertengger di atas pelampung dan bekas pilar- pilar pelabuhan yang sudah rusak.
Burung ini termasuk jenis pendatang yang sangat jarang sekali, tidak selalu ada pada lokasi pengamatan dan menurut pengamat ini kemungkinan hanya singgah saja, dan tentu saja ini adalah rekor pertama perjumpaan yang belum pernah tercatat sebelumnya.




Contact Form

Name

Email *

Message *