ELANG-ALAP CINA, CHINESE SPARROWHAWK, ACCIPITER SOLOENSIS

http://www.aveslombok.com/2016/09/elang-alap-cina-chinese-sparrowhawk.html
Elang-alap Cina

Accipitridae - Chinese Sparrowhawk
Accipiter soloensis (Horsfield, 1821)

Ciri Umum
Burung dewasa elang-alap cina berukuran sedang  dengan panjang sekitar 33 cm. Bulu pada tubuh di bagian bawah tampak berwarna sangat pucat. Pada burung yang  dewasa, tubuh bagian atasnya berwarna abu - abu sedikit biru dengan ujung berwarna putih yang tampak jarang terutama pada bulu di bagian punggung dan ada garis - garis melintang tampak samar pada bulu ekor paling luar.
Sedangkan tubuh di bagian bawahnya berwarna putih bercampur sapuan warna merah karat yang samar- samar di dada dan pada sisi tubuh dan juga ada garis abu –abu terdapat pada paha.
Sayap bagian bawahnya sangat khas, keseluruhannya terlihat berwarna putih kecuali pada ujung bulu primernya yang berwarna hitam. Pada burung yang masih remaja bulu tubuh di bagian atasnya coklat, sedangkan bulu tubuh di bagian bawahnya putih, tampak juga garis -garis gelap di ekor, coretan pada bagian tenggorokan serta garis - garis di dada dan juga paha.
Paruhnya berwarna abu- abu berujung  hitam, sera dan warna kaki jingga, warna iris matanya merah kecoklatan.

Habitat dan Kebiasaan
Elang –alap cina merupakan burung pendatang atau migran, mengunjungi daerah yang terbuka sampai ketinggian 900 m diatas permukaan laut. Jika tiba musim dingin mengembara ke selatan sampai asia tenggara , burung kemudian mengunjungi juga kepulauan di seluruh Sunda Besar.
Tercatat setiap bulan september dan bulan oktober melewati Puncak (Bogor)  kemudian Bali bagian barat, Lombok Utara hingga sumbawa dalam jumlah yang sangat besar hingga ribuan ekor.
Biasanya burung ini berburu di tenggeran, tetapi terkadang  terbang melingkar di angkasa, dan meluncur untuk menerkam mangsanya di permukaan tanah. Makanannya berupa kodok, kadal, burung kecil dan belalang.
Burung Elang-alap cina berbiak di Asia timur laut dan Cina sekitar bulan juni menghasilkan telur hingga 4 butir, sarangnya terbuat dari ranting dan dedaunan yang masih hijau.

Kode Suara
Xeno-canto XC186501

Perjumpaan
Elang-alap cina merupakan jenis elang  pendatang yang sebagian besar hanya melewati lombok namun ada beberapa yang singgah untuk beberapa saat dan kemudian melanjutkan perjalanan migrasinya.
Lokasi yang paling baik dalam mengamati dan mengambil foto saat kedatangannya pada bulan september hingga bulan nopember adalah di puncak bukit pandanan dan bukit LIPI lombok utara.
Burung ini berjumlah ribuan ekor terbang dari arah barat ke timur terbagi dalam beberapa kelompok terbang, biasanya lewat bersama 2 jenis elang migran lainnya antara lain burung sikep madu asia dan terakhir burung elang-alap jepang yang jika dibandingkan dengan elang alap cina dan sikep madu asia yang tercatat hingga 3000 ekor setiap tahunnya, maka jumlah elang alap jepang tercatat tidak pernah melewati 500 ekor.



Contact Form

Name

Email *

Message *