KAMBANGAN AUSTRALIA, HARDHEAD, AYTHYA AUSTRALIS

http://www.aveslombok.com/2016/09/kambangan-australia-hardhead-aythya.html
Kambangan Australia, Kambangan Coklat, Itik Mata-putih

Anatidae - Hardhead
Aythya australis (Eyton, 1838)
Nama lain: Kambangan coklat, itik mata-putih

Ciri Umum
Kambangan australia dewasa berukuran sedang dengan panjang sekitar 50 cm, itik penyelam yang berwarna coklat mahoni dengan bagian iris berwarna putih. Bulu pada ekor bagian bawah putih dan olesan putih tampak di sayap. Pada burung jantan bercirikan bulu berwarna coklat mahoni dengan mata berwarna putih, sedangkan pada burung betina warna coklat lebih muda dengan mata berwarna coklat. Perut putih. Keduanya jenis kelamin mempunyai garis putih yang cukup jelas telrihat pada sayap atas. Pada saat burung terbang, sayap bagian bawah terlihat putih.
Warna iris matanya putih (pada burung jantan) dan coklat (pada burung betina), paruh berwarna hitam dengan garis putih tampak dekat ujungnya, kaki warna abu - abu.

Habitat dan Kebiasaan
Kambangan australia (Aythya australis) atau itik mata-putih, atau juga dikenal dengan nama kambangan cokelat adalah jenis bebek yang pandai menyelam. Dimulai dengan cara menundukkan kepalanya ke dalam air, lalu bebek ini menyelam dengan dorongan kuat dengan kaki yang berselaput. Kambangan coklat atau kambangan australia mampu menyelam cukup dalam dan bisa bertahan di bawah permukaan air hingga satu menit lamanya. Bebek ini biasanya memakan beragam jenis makhluk air.
Kambangan australia lebih menyukai perairan danau, rawa, dan sungai besar dengan air yang dalam dan cukup tenang. Namun mereka juga terkadang dapat dijumpai di anak sungai yang kecil, juga padang rumput tergenang, dan kolam dangkal.
Lazimnya mereka selalu menghindari perairan dekat pantai. Bebek ini sangat jarang terlihat di daratan dan tidak pernah terlihat bertengger di tajuk pohon.
Terbang cepat dengan sayap bawah tampak berkilat-kilat yang di kepakkan dangkal.
Suaranya jarang terdengar. Bebek jantan siulan terdengar mendesis lembut, sedangkan pada betina terdengar kerukan parau lembut.
Penyebaran umumnya di benuar Australia dan Pulau Irian. pengunjung yang sangat jarang di Indonesia bagian barat.

Kode Suara
Xeno-Canto XC311775

Perjumpaan
Kambangan australia atau kambangan coklat atau itik mata putih merupakan keluarga anatidae, bebek ini pengamat temukan 1 ekor di bendungan batujai bersama dengan itik gunung, di lombok bebek ini sangat jarang dijumpai karena masuk kategori jenis pengunjung yang sangat-sangat jarang. Keberuntungan yang sangat besar saat itu pengamat bisa mendokumentasikannya walau masih terlalu jauh terlihat di tengah bendungan.



Contact Form

Name

Email *

Message *