KAPINIS LAUT, FORK-TAILED SWIFT, APUS PACIFICUS

http://www.aveslombok.com/2016/09/kapinis-laut-fork-tailed-swift-apus.html
Kapinis Laut

Apodidae - Fork-tailed Swift
Apus pacificus (Latham, 1801)

Ciri Umum
Burung kapinis laut cukup mudah dikenali, berukuran badan agak besar dengan panjang sekitar 18 cm. warna bulu ekor coklat buram, cukup panjang, dan menggarpu. Warna dagu keputih- putihan, terdapat bercak warna putih pada bagian tungging. Perbedaannya dengan burung Kapinis - jarum kecil adalah pada ukurannya yang lebih besar, warna bulu lebih pucat, tenggorokan tampak lebih gelap, sadel pada tunggir yang putih tampak lebih sempit, bentuk tubuh langsing dan ekor menggarpu.
Warna iris matanya coklat gelap dengan paruh hitam dan kaki keunguan.

Habitat dan Kebiasaan
Kapinis laut (bahasa Latin = Apus pacificus) merupakan spesies burung dari keluarga Apodidae, dari genus Apus. Burung ini merupakan jenis burung pemakan serangga kecil dan memiliki habitat di daerah yang terbuka, tersebar hingga ketinggian 1.500 m diatas permukaan laut.
Burung pengembara yang lewat secara teratur, keberadaannya sporadis, tetapi kadang- kadang terlihat bermigrasi dalam jumlah yang sangat besar.
Terbang lebih tenang dibandingkan dengan jenis burung kapinis jarum. Membuat geleparan dan manuver yang tidak tentu sewaktu mencari makan.
Kapinis laut berbiak di Siberia ke timur sampai Kamchatka, kemudian ke selatan sampai China utara dan juga Jepang bagian selatan. Pada musim dingin tiba segera bermigrasi ke Asia tenggara, Indonesia dan benua Australia.

Kode Suara
Xeno-Canto XC334441

Perjumpaan
Burung kapinis laut biasanya ditemukan terbang berkelompok di daerah terbuka, sering berbaur dengan walet dan kapinis jenis lain. Burung ini mirip dengan burung kapinis rumah, hanya bentuknya lebih besar dan ekor tampak lebih menggarpu. Di lombok burung ini biasanya ditemukan dekat dengan pesisir pantai, seperti pada foto diatas pengamat dokumentasikan di sekitar pantai pandanan lombok utara.



Contact Form

Name

Email *

Message *