KEDASI AUSTRALIA, HORSFIELD’S BRONZE CUCKOO, CHRYSOCOCCYX BASALIS

http://www.aveslombok.com/2016/09/kedasi-australia-horsfields-bronze.html
Kedasi Australia

Cuculidae - Horsfield’s Bronze Cuckoo
Chrysococcyx basalis (Horsfield, 1821)

Ciri Umum
Burung kedasi asutralia dewasa berukuran kecil dengan panjang sekitar 15 cm. Bulu tubuh dan ekor di bagian atasnya berwarna perunggu agak kehijauan. Memiliki garis pada mata berwarna cokelat gelap yang sangat mencolok dan terlihat alis berupa garis berwarna putih yang memanjang sampai dengan sisi leher.
Tenggorokan putih dengan lurik berwarna cokelat gelap. Tubuh di bagian bawahnya putih, pada bagian sisi terlihat garis - garis cokelat gelap, dada atas berpola seperti garis saling menyambung. Pada ekor di bagian bawahnya cokelat, dengan ujung dan sisi pada ekor berwarna putih.
Pada burung kedasi australia yang masih muda berwarna mirip dengan dewasa, tetapi perbedaannya tampak pada garis di sisi tubuh bagian bawahnya lebih sedikit.
Warna iris matanya coklat, paruh hitam dan warna kaki abu-abu.
Tampak mirip burung Kedasi laut dan burung Kedasi gould, perbedaannya terletak hanya pada warna alis yang putih, juga adanya bercak cokelat di bagian telinga, lingkaran mata berwarna abu - abu terlihat lebih jelas, pada pangkal bulu ekor terluar berwarna cokelat - kemerahan, serta garis - garis di tubuh bagian bawahnya hanya ada di bagian dada dan sisi perut.

Habitat dan Kebiasaan
Kedasi australia merupakan burung migran atau pendatang, berkembangbiak di benua Australia dan Tasmania, pada saat musim dingin tiba kemudian bermigrasi ke utara menuju Semenanjung Malaysia dan Sunda Besar untuk bertahan hidup.
Burung yang pemalu tinggal di daerah terbuka, terutama di belukar sepanjang pesisir pantai. Makanan utamanya burung ini adalah serangga, terutama ulat. Berburu makanan baik pada tajuk pohon maupun di atas permukaan tanah.
Pada musim berbiak atau musim kawin burung ini dikenal membentuk pasangan monogami dan menempati wilayah sama dengan spesies burung tuan rumah.
Bersuara seperti siulan dengan nada tinggi ” fiiooo-fiiooo-fiiooo“ berulang - ulang tidak berhenti.

Kode Suara
Xeno-canto XC287038

Perjumpaan
Burung kedasi australia dapat ditemui di areal persawahan namun jumlahnya tidak banyak, kecuali pada musim puncak migrasi sekitar bulan agustus setiap tahunnya, burung ini terlihat lebih banyak hingga puluhan ekor. Lokasi pertemuan paling baik adalah diseputar bendungan batujai kabupaten lombok tengah.


Contact Form

Name

Email *

Message *