KOKOKAN LAUT, STRIATED HERON, BUTORIDES STRIATA

http://www.aveslombok.com/2016/09/kokokan-laut-striated-heron-butorides-striata.html
Kokokan Laut

Ardeidae - Striated Heron
Butorides striata (Linnaeus, 1758)

Ciri Umum
Burung Kokokan laut yang telah dewasa memiliki tubuh berukuran kecil dengan panjang sekitar 45 cm. Pada burung dewasa tampak bulu mahkota berwarna hitam kehijauan mengkilat. Ada jambul yang panjang menjuntai. Terlihat garis hitam mulai pangkal paruh hingga ke bawah sampai pada mata dan pipi.
Bulu sayap dan ekornya berwarna biru kehitaman, sedikit mengkilap warna kehijauan dan berpinggir warna kuning tua. Bagian sisi perut tampak abu - abu kemerahjambuan. Dan berdagu putih.
Pada burung berjenis kelamin betina perbedaannya lebih sedikit kecil daripada burung berjenis kelamin jantan. Sedangkan pada burung kokokan laut yang masih remaja tampak sangat berbeda dengan warna coklat bercoret - coret dominan dengan bintik - bintik warna putih. Warna iris matanya kuning, paruh hitam dan kaki kehijauan.

Habitat dan Kebiasaan
Kokokan laut adalah jenis burung dari keluarga Ardeidae. Burung ini merupakan salah satu jenis burung pemangsa ikan, udang, katak, serangga, larva, terkadang ular kecil, yang memiliki habitat di pesisir pantai, karang, muara, tambak, danau dan vegetasi sepanjang aliran sungai dekat pantai.
Duduk menunggu diam ditepian air pada tenggeran di waktu senja dan dini hari untuk menyambar mangsa. Lebih sering terlihat mencari makan sendirian.
Bersarang soliter atau dalam koloni yang kecil. Sarangnya terbuat dari tumpukan ranting di sekitar pohon bakau atau vegetasi lebat dekat perairan. Telurnya berwarna putih agak sedikit hijau kebiruan, berjumlah hingga 3 butir dalam sekali periode berbiak pada bulan Maret hingga bulan Juni.

Kode Suara
Xeno-canto XC204078

Perjumpaan
Burung kokokan laut dapat dijumpai di kawasan mangrove sepanjang pesisir pantai yang cukup jauh dari gangguan manusia, dikawasan tambak ikan bandeng sekotong dan pesisir mangrove dekat lembar adalah lokasi perjumpaan terbanyak yang terdata oleh pengamat hingga saat ini. Saat bertengger burung kokokan laut yang masih muda mirip seperti bambangan kuning, jika melihat sekilas mungkin sulit membedakan. Jumlah yang terlihat dalam lokasi favorit bervariasi sekitar 5 hingga 10 ekor. Pada lokasi pengamatan sering juga terlihat dengan family ardeidae lainnya seperti jenis kuntul – kuntulan.



Contact Form

Name

Email *

Message *