NURI PIPI-MERAH, RED-CHEEKED PARROT, GEOFFROYUS GEOFFROYI

http://www.aveslombok.com/2016/09/nuri-pipi-merah-red-cheeked-parrot.html
Nuri Pipi-Merah

Psittaculidae - Red-cheeked Parrot
Geoffroyus geoffroyi (Bechstein, 1811)

Ciri Umum
Burung nuri pipi-merah dewasa berukuran sedang dengan panjang hingga 30 cm. Secara umum bulu berwarna hijau. Pada burung jantan bercirikan muka dan pipi berwarna merah - mawar. Sedangkan pada burung betina pada kepala berwarna coklat. Dan pada burung remaja tampak kepala berwarna hijau. Pola warna burung nuri pipi-merah sangat bervariasi menurut dari ras dan daerah tempat persebarannya.

Habitat dan Kebiasaan
Nuri pipi-merah tersebar luas dan umum dijumpai di kawasan hutan primer dan juga sekunder tua, hutan meranggas, tepi hutan, hutan tebang pilih, savana dan lahan budidaya yang keadaan pohonnya jarang, di hutan pasang surut, hutan mangrove dan semak belukar serta perkebunan kelapa hingga ketinggian 800m hingga 1400m diatas permukaan laut.
Hidup berpasangan atau dalam kelompok yang kecil, mencari makan berupa biji, buah dan kuncup bunga di puncak kanopi tajuk hutan dan tidak mencolok. Terlihat sangat aktif dan ribut di waktu pagi dan sore hari, terbang saling berkejar - kejaran diselingi gerakan akrobatik burung dan suara panggilan ketika meninggalkan atau kembali ke sarang komunal.
Penyebaran burung nuri pipi-merah umum di seluruh Papua kecuali beberapa pulau yang kecil. Juga tersebar di Nusa Tenggara, Pulau Maluku, dan Australia bagian utara.
Bersuara “Kee! kee! kee! kee!” ketika sedang terbang atau bertengger pada tajuk pohon. Nada suaranya tinggi dan cukup keras, berbunyi nyaring, suara diulangi rata - rata per dua detik berbunyi hingga 15 detik. Tiap nada suaranya semakin meninggi.

Kode Suara
Xeno-Canto XC18864

Perjumpaan
Burung nuri pipi-merah di pulau lombok dapat dijumpai di sekitar hutan gunung rinjani, seperti foto diatas pengamat mendokumentasikannya di hutan tete batu lombok tengah, spotnya sekitar 10km dekat dengan danau segara anak. Hanya tampak 1 ekor individu saja, burung ini sangat sulit terlihat karena warna bulunya yang hijau seperti daun dan bertengger di tajuk yang tinggi dan gelap. Pengamat merasa beruntung melihat burung yang cantik ini.



Contact Form

Name

Email *

Message *