RICHARD'S PIPIT, PIPIT RICHARD, ANTHUS RICHARDI

http://www.aveslombok.com/2016/09/richards-pipit-pipit-richard-anthus-richardi.html
Pipit Richard

Motacillidae - Richard's pipit atau Pipit Richard
Anthus richardi (Vieillot, 1818)

Ciri Umum
Richard’s pipit atau pipit richard dewasa berukuran besar dengan panjang hingga 20 cm. Burung yang ramping dan sering berdiri sangat tegak. Dominan warna punggung coklat dan perut putih, tampak garis -garis gelap di bagian atas dan dada, sedangkan perut dan panggulnya putih keabuan polos. Muka ditandai dengan gores pucat dan supercilium dan garis mata gelap, memiliki warna kaki kuning - cokelat panjang, ekornya panjang dengan warna putih pada bulu luar dan paruh atas gelap panjang dengan warna kekuningan pada paruh bagian bawah. Memiliki cakar belakang yang panjang dan cukup lurus.
Sangat mirip dengan apung sawah perbedaannya adalah burung apung sawah ukurannya lebih kecil dari pipit richard.

Habitat dan Kebiasaan
Burung pipit richard secara umum berbiak di selatan Siberia , Mongolia , Asia Tengah dan di bagian utara, tengah dan timur China. Pada musim dingin bermigrasi ke selatan menuju India dan Asia Tenggara dengan catatan sejauh selatan Sri Lanka, Singapura, Kalimantan bagian utara dan nusa tenggara.
Senang dengan daerah dataran rendah yang terbuka. Mendiami padang rumput dan tanah pertanian yang subur dan habitat yang lembab.
Seperti burung pipit lainnya, spesies ini adalah burung pemakan serangga seperti belalang dan biji- bijian. Mencari makan di permukaan tanah dan terkadang terbang pendek untuk menangkap serangga terbang. Sarangnya terbuat dari rumput atau lumut yang dibangun di atas permukaan tanah.
Bersuara "shreep" agak mirip dengan kicauan dari burung gereja erasia.

Kode Suara
Xeno-canto XC306883

Perjumpaan
pipit Richard merupakan burung pendatang atau migran, banyak di temukan atau pengamat jumpai di areal sekitar bandara internasional lombok dan sepanjang pesisir bendungan batujai lombok tengah.
Burung ini sering terlihat berlari – lari mencari makan di permukaan tanah, seperti pada foto diatas pengamat mendokumentasikannya di dekat bandara. Sekilas burung ini sangat mirip dengan burung beranjangan jawa, hanya saja perbedaannya pipit richard memiliki tubuh yang lebih ramping.


Contact Form

Name

Email *

Message *