CUCAK KUTILANG, SOOTY-HEADEDBULBUL, PYCNONOTUS AURIGASTER

CUCAK KUTILANG, SOOTY-HEADEDBULBUL, PYCNONOTUS AURIGASTER
Kutilang

Pycnonotidae - Sooty-headedBulbul
Pycnonotus aurigaster (Jardine & Selby 1837)

Ciri Umum
Burung Cucak kutilang yang dewasa berukuran sedang, dengan panjang tubuh totalnya (diukur mulai ujung paruh hingga ke ujung ekor) sekitar 20 cm. Sisi bulu bagian atas tubuh (punggung, ekor) berwarna coklat kelabu, sedangkan sisi tubuh bagian bawah (mulai dari tenggorokan, leher, ke dada dan perut) berwarna putih agak keabu-abuan. Bagian atas kepala burung ini mulai dari dahi, pada topi dan jambulnya berwarna hitam. Tungging (di muka ekor) tampak jelas bulu berwarna putih, serta penutup bagian pantat berwarna jingga. Warna Iris matanya merah, dengan paruh dan kaki hitam.


Habitat dan Kebiasaan
Cucak kutilang atau Sooty-headedBulbul merupakan burung yang mudah dijumpai di hampir semua tipe habitat, termasuk dipermukiman, tempat-tempat yang terbuka, tepi jalan, kebun, pada pekarangan warga, semak belukar dan juga hutan sekunder sampai dengan ketinggian 1600 m diatas permukaan laut. Hidup dalam kelompok, baik dengan sejenis, maupun sering terlihat juga berkumpul dengan jenis burung lain. Mangsanya berupa serangga dan buah-buahan lunak. Pada pagi hari sering terlihat bertengger (berjemur) di bawah sinar matahari untuk merawat bulunya.
Sarangnya berbentuk cawan terdiri dari anyaman daun rumput, tangkai atau ranting yang halus. Saat berbiak menghasilkan telur hingga tiga butir, berwarna kemerah-jambuan berbintik-bintik ungu dan abu-abu. Cucak kutilang tercatat bersarang sepanjang tahun kecuali pada bulan Nopember, dan dengan puncak berbiaknya mulai bulan April hingga September.

Kode Suara
Xeno-Canto XC24606

Perjumpaan
Burung Cucak kutilang sangat mudah dijumpai pada semua habitat, lebih sering merupakan hasil dari lepasan peliharaan warga, suaranya yang bagus membuat burung ini menjadi favorit pecinta burung kicau dan lebih sering juga dijumpai dalam sangkar-sangkar di perumahan warga. Burung yang masih satu family dengan cucak kutilang adalah merbah cerukcuk dan cucak gunung.


Contact Form

Name

Email *

Message *