KUNTUL KECIL, LITTLE EGRET, EGRETTA GARZETTA

KUNTUL KECIL, LITTLE EGRET, EGRETTA GARZETTA
Kuntul Kecil

Ardeidae - Little Egret
Egretta garzetta (Linnaeus, 1766)

Ciri Umum
Berukuran kuntul kecil dewasa berukuran kecil dengan panjang sekitar 60 cm, warna bulu putih, perbedaaanya dengan burung Kuntul kerbau adalah pada ukuran badan yang lebih Besar dan badan lebih ramping, paruh hitam, dan kaki hitam (dengan atau tanpa ada jarik kuning). Perbedaan lainnya ialah pada waktu burung berbiak : bulu putih bersih, tengkuk berbulu tipis dan panjang, bulu pada bagian punggung dan dadanya berjuntai. Warna Iris matanya kuning, kulit bagian muka berwarna kuning kahijauan (kemerah jambuan tampak pada waktu musim berbiak), paruh selalu warna hitam, tungkai dan kaki juga hitam (dengan jari kuning terlihat pada ras burung pendatang atau migran).

Habitat dan Kebiasaan
Burungk kuntul kecil sering mengunjungi sawah, tepi sungai, gosong pasir dan lumpur tepi bendungan, dan sungai kecil di pesisir sampai ketinggian 900 meter diatas permukaan laut. Mencari makan dalam sebuah kelompok yang tersebar, sering juga terlihat berbaur dengan jenis kuntul lain. Terkadang menyambar mangsanya di pinggir air dangkal di dekat pantai. Terbang berkelompok dalam formasi huruf V ketika akan kembali ke tempat beristirahat menjelang malam hari. Bersarang dalam sebuah koloni berkumpul dengan burung-burung air lainnya.

Kode Suara
Xeno-Canto XC35235

Perjumpaan
Burung kuntul kecil atau Little Egret merupakan burung umum dijumpai di lombok, seperti foto diatas pengamat menjumpai burung ini dalam kelompok besar dan terlihat bergabung dengan jenis kuntul dan jenis burung perancah lainnya. Populasinya masih tergolong aman walaupun masih sering dijadikan targer buruan bagi para penembak burung. Burung kuntul kecil ini sangat cantik jika dilihat atau dijumpai pada saat musim berbiak.


Contact Form

Name

Email *

Message *