MANYAR EMAS, ASIAN GOLDEN WEAVER, PLOCEUS HYPOXANTHUS

MANYAR EMAS, ASIAN GOLDEN WEAVER, PLOCEUS HYPOXANTHUS
Manyar Emas

Ploceidae - Asian Golden Weaver
Ploceus hypoxanthus (Sparrman, 1788)

Ciri Umum
Burung Manyar emas yang dewasa berukuran Kecil dengan panjang sekitar 15 cm, bulu dominan berwarna kuning emas dengan warna muka hitam. Burung berjenis kelamin jantan pada masa berbiaknya memiliki mahkota, tungging, dan bulu pada bagian bawah berwarna kuning, sisi muka, dagu, dan juga tenggorkan berwarna hitam, mantelnya hitam dengan bagian pinggir kuning pada bulunya, bagian sayap dan ekor berwarna hitam dengan bagian pinggir keputih-putihan pada bulunya. Sedangkan pada burung berjenis kelamin betina dan juga jantan yang tidak berbiak memiliki ciri alis kuning tua dan tubuh bagian bawahnya berwarna kekuningan. Warna iris matanya coklat, paruh hitam atau coklat dan kaki coklat.


Habitat dan Kebiasaan
Burung manyar emas atau Asian Golden Weaver Jarang dijumpai, hidup di dalam kelompok atau berkoloni di semak-semak dan gelagah, di daerah rawa atau di daerah yang terbuka dan banyak rawanya. Kadang-kadang juga terlihat bersarang di tempat yang kering. Terdapat catatan burung ini berbiak di Danau Toba, Sumatera utara dan Taman Nasional Baluran propinsi Jawa Timur.

Kode Suara
Xeno-Canto XC156374

Perjumpaan
Burung manyar emas di lombok bisa ditemui di daerah tanjung karang ampenan, di areal persawahan hinggap di tepi pohon dekat dengan irigasi sawah, tampak berkelompok dan burung ini terlihat dalam masa tidak berbiak seperti tampak pada foto diatas. Populasinya di lombok tidak sebanyak saudaranya si manyar jambul.


Contact Form

Name

Email *

Message *