ELANG TIRAM BARAT, WESTERN OSPREY, PANDION HALIAETUS

ELANG TIRAM BARAT, WESTERN OSPREY, PANDION HALIAETUS
Elang Tiram Barat
Pandionidae - Western Osprey
Pandion haliaetus (Linnaeus, 1758)

Ciri Umum
Burung elang tiram barat atau western osprey yang telah dewasa berukuran sedang dengan panjang sekitar 55 cm. Bulunya berwarna coklat, hitam dan putih. Kepala warna putih dan garis pada mata hitam khas, bagian atasnya sebagian besar berwarna coklat suram. Ada jambul pendek berwarna gelap dan bisa berdiri tegak. Ras-ras berbeda dalam penampakan kepalanya dan perluasan garis pada tubuh bagian bawah. Warna iris matanya kuning, paruh hitam dengan sera abu-abu, tarsus telanjang, kaki warna abu-abu.


Habitat dan Kebiasaan
Elang tiram barat sering mengunjungi daerah-daerah dekat perairan sepanjang Sunda Besar dan kepulauan di Indonesia. Menghuni daerah-daerah perairan seperti sungai, rawa, muara, danau, dan pantai. Pemangsa ikan yang hebat, menyelam cepat ke dalam air untuk menangkap mangsa. Bertengger pada cabang pohon yang menghadap ke laut ataupun danau, sering terbang berputar pelan-pelan diatas permukaan air, melayang-layang dan meluncur dengan kecepatan rendah. Memakan ikan dan juga ular laut, meski terkadang juga pernah memakan burung-burung air yang berada di sekitarnya. Siulan burung ini nyaring mendayu pada masa sedang berbiak. Burung muda di sarang berteriak nyaring jika melihat induknya. Sarangnya berukuran besar, berupa susunan ranting pada pohon yang cukup tinggi, sarang biasanya digunakan selama bertahun-tahun. Menghasilkan telur sebanyak dua butir berwarna putih dengan corak coklat kemerah-merahan.

Kode Suara
Xeno-Canto XC44159

Perjumpaan
Tersebar luas di seluruh dunia. Pengunjung teratur dan tersebar luas pada musim dingin di pulau Sumatera dan juga Kalimantan. Tidak umum dijumpai menetap di sepanjang pesisir pulau Jawa dan Bali. Pada musim dingin merupakan burung pengunjung yang tidak teratur dan lebih jauh ke pedalaman. Di Lombok burung ini pengamat pernah dokumentasikan di 2 lokasi berbeda yaitu pada taman wisata alam gunung tunaq dan di daerah sekotong seperti nampak pada foto diatas. Burung elang tiram barat merupakan burung pengunjung yang sangat jarang dijumpai di Lombok.


Contact Form

Name

Email *

Message *