WALIK PUTIH, BLACK-BACKED FRUIT DOVE, PTILINOPUS CINCTUS

WALIK PUTIH, BLACK-BACKED FRUIT DOVE, PTILINOPUS CINCTUS
Walik Putih

Black-backed Fruit-dove
Ptilinopus cinctus (Temminck, 1810)

Ciri Umum
Burung walik putih dewasa berukuran agak besar dengan panjang sekitar 34cm. Kepala dan tenggorokannya berwarna putih abu - abu, dan menjadi warna putih bersih ke arah dada. Tampak garis melintang. di bagian dada bawah. Punggung berwarna hitam kehijauan agak gelap, terus sampai ke bagian ujung ekornya yang terdapat garis berwarna abu-abu. Tubuh burung walik putih dibagian bawah (perut dan juga tunggir) berwarna abu-abu. Pada burung yang masih remaja bercirikan bagian bulu yang berwarna gelap masih dalam keaadaan berwarna hijau perunggu tua.

Habitat dan Kebiasaan
Di pulau bali termasuk jenis burung yang sangat jarang teramati, berbeda dengan di pulau-pulau di Nusa Tenggara khususnya lombok. Walik putih hidup sendirian atau dalam kelompok yang kecil, lebih mendiami hutan pesisir, hutan yang kering, hutan pamah primer, hutan sekunder yang tinggi, hutan perbukitan dan juga pegunungan yang ditumbuhi Casuarina sampai ketinggian 1800 meter diatas permukaan laut.

Kode Suara
Xeno-Canto XC66901

Perjumpaan
Burung walik putih atau black-backed fruit dove pengamat dokumentasikan di sekitar lombok tengah tepatnya di hutan sekunder yang tinggi, sangat sulit dijumpai, foto ini pengamat dokumentasikan secara tidak sengaja saat sedang beristirahat sewaktu mengejar dokumentasi burung nuri pipi merah. Di lokasi yang jauh dari pemukiman penduduk tempat pengamatan ini merupakan lokasi hutan yang masih sangat baik, sehingga banyak sekali burung unik lainnya yang bisa diamati seperti cikukua tanduk, perling kumbang, sepah hutan, walik kembang dan masih banyak lagi yang lain.


Contact Form

Name

Email *

Message *