CABAI JAWA, SCARLET-HEADED FLOWERPECKER, DICAEUM TROCHILEUM

CABAI JAWA, SCARLET-HEADED FLOWERPECKER, DICAEUM TROCHILEUM
Cabai Jawa

Scarlet-headed Flowerpecker
Dicaeum trochileum (Sparrman, 1789)

Ciri Umum
Burung cabai jawa dewasa berukuran sangat kecil dengan panjang sekitar 8 cm. Bulu pada kepala, punggung, tunggir, dan juga dada burung jantan berwarna merah- padam atau seperti agak kejinggaan, sayap dan ujung ekornya hitam, sedangkan perut berwarna putih keabu-abuan, dan juga terdapat bercak putih pada bagian lengkung sayap. Tunggir burung cabai jawa betina berwarna merah, dan tubuh bagian atas lainnya coklat, tersapu dengan warna merah di bagian kepala dan mantel, sedangkan tubuh bagian bawahnya berwarna putih buram. Tubuh bagian atas burung cabai jawa yang masih remaja berwarna agak coklat-kehijauan, dan terdapat bercak jingga pada bagian tunggir. Warna Iris matanya coklat dengan paruh dan kaki berwarna hitam.

Habitat dan Kebiasaan
Burung cabai jawa atau scarlet-headed flowerpecker ini merupakan jenis burung pemakan buah benalu, biji, serangga kecil dan memiliki habitat di sekitar pekarangan, perkotaan, habitat terbuka, pesisir pantai, dan juga hutan mangrove.

Kode Suara
Xeno-Canto XC31368

Perjumpaan
Burung cabai jawa ini sangat sulit dijumpai di pemukiman penduduk, kecuali di beberapa tempat yang masih ada tumbuh pepohonan kersen nya, burung ini gemar sekali makan buah kersen, seperti pada foto diatas pengamat mendokumentasikannya saat burung sedang mencari buah kersen di sore hari. 


Contact Form

Name

Email *

Message *