PECUK-PADI BELANG, LITTLE PIED CORMORANT, MICROCARBO MELANOLEUCOS

PECUK-PADI BELANG, LITTLE PIED CORMORANT, MICROCARBO-MELANOLEUCOS
Pecuk-Padi Belang

Little Pied Cormorant
Microcarbo melanoleucos (Vieillot, 1817)
Sinonim: Phalacrocorax melanoleucos (Vieillot, 1817)

Ciri Umum
Burung pecuk-padi belang dewasa berukuran sedang dengan panjang sekitar 60 cm, bulu berwarna hitam dan putih. Perbedaannya dengan burung pecuk lain adalah pada seluruh tubuh bagian bawahnya berwarna putih. Ciri khasnya adalah pada paruh dan kulit mukanya yang berwarna kuning. Pada burung yang masih remaja tampak garis mata, mahkota dan ada bercak pada sisi lambung berwarna hitam. Warna Iris matanya hijau agak kebiruan, paruh kuning, dengan garis berwarna hitam di atasnya, kaki burung ini hitam.

Habitat dan Kebiasaan
Pecuk-padi belang atau Little pied cormorant Sering mengunjungi kolam, saluran air, laguna, muara, dan juga pantai. Kebiasaannya mirip dengan burung pecuk-padi lainnya. Memakan hewan kecil perairan dari serangga sampai ikan. Sarangnya berbentuk mendatar yang terbuat dari ranting yang dijalin dengan beberapa dedaunan di percabangan pohon. Kedua induk burung saling bergantian mengerami dan membesarkan anaknya yang berjumlah  hingga 4 ekor pada masa sekali berbiak.

Kode Suara
Xeno-Canto XC182028

Perjumpaan
Di kawasan Wallacea terutama, pecuk-padi belang merupakan burung yang tersebar cukup luas, umum secara lokal, dan juga berbiak lokal. Ditemukan mulai dari Sangihe di utara, hingga Timor dan Rote di daerah selatan; mulai dari Kepulauan Kai dan Halmahera di timur, hingga Pulau Lombok di bagian barat tepatnya di gili meno. Burung ini termasuk sulit dijumpai karena rusaknya habitat yang kini menjadi ramai menjadi lokasi wisata.


Contact Form

Name

Email *

Message *