Kapasan Sayap-Putih, White-shouldered Triller, Lalage sueurii

Kapasan Sayap-Putih, White-shouldered Triller, Lalage sueurii
Kapasan Sayap-Putih

White-shouldered Triller
Lalage sueurii (Vieillot, 1818)

Ciri Umum
Kapasan Sayap-Putih dewasa Berukuran kecil dengan panjang sekitar 17 cm, bulu berwarna hitam dan putih. Mirip dengan burung Kapasan kemiri, tetapi badannya sedikit tampak lebih besar, alis lebih sempit dan tidak menyentuh pangkal paruh, dan warna putih pada bagian sayap lebih sedikit (jadi sebetulnya sangat tidak sesuai dengan pemberian namanya!). Burung Jantan kadang-kadang mempunyai dagu yang berwarna kekuning-kuningan, sedangkan betina mempunyai warna pinggiran merah karat pada bulu terbang. Warna Iris matanya coklat, dengan paruh abu-abu dan berujung hitam, warna kaki hitam.

Habitat dan Kebiasaan
Burung Kapasan Sayap-Putih Cukup umum terdapat di lahan pertanian dan juga di dataran rendah terbuka. Mungkin juga hidup bersama atau berbaur dengan Kapasan kemiri. Kebiasaan sama seperti burung Kapasan kemiri, tetapi lebih menyukai habitat hidup yang lebih kering. Mempunyai kebiasaan yang tampak lebih mencolok. Memakan serangga kecil yang diburu dari pohon dan permukaan tanah. Waktu bersarang tercatat dari mulai bulan Februari sampai dengan bulan Juli. Sarangnya berbentuk seperti cawan dangkal dan terbuat dari akar-akar halus dan juga bahan lainnya, di buat pada pohon berdaun kecil beberapa meter dari permukaan tanah. Telurnya berjumlah dua butir berbintik-bintik coklat.

Kode Suara
Xeno-Canto XC285046

Perjumpaan
Burung Kapasan Sayap-Putih sangat umum ditemukan di pulau lombok, walaupun tidak sebanyak burung bondol dan burung gereja, warnanya dominan hitam dan putih jadi untuk mengenali burung ini dari jauh sangat mudah. Pengamat mendokumentasikan burung ini di sekitar areal persawahan dekat dengan pantai tanjung karang (seperti tampak pada foto diatas). 


Contact Form

Name

Email *

Message *