Cekakak Kalung-coklat, Cinnamon-banded Kingfisher, Halcyon australasia

Cekakak Kalung-coklat, Cinnamon-banded Kingfisher, Halcyon australasia


Cinnamon-banded Kingfisher
Halcyon australasia Vieillot, 1818

Ciri Umum
Cekakak Kalung-coklat atau Cinnamon-banded Kingfisher Berukuran sedang dengan ukuran sekitar 21 cm. Pita merah-karat lebat tampak di sepanjang sisi mahkota berbatasan dengan pita hitam di belakang mata sampai bagian leher belakang. Kerah leher belakang dan pada bagian bawah bungalan. sisi dan juga perut bawah bungalan berwarna coklat. Punggung dan pada mahkota atas berwarna hijau, tunggir dan sayap warna biru. Ras dammeriana hampir seluruh mahkotanya berwarna merah-karat. ras odites pada strip alis, kerah leher belakang dan pada bagian bawah warnanya lebih pucat.

Habitat dan Kebiasaan
Halcyon australasia atau Cekakak Kalung-coklat merupakan burung yang tidak umum, menghuni hutan primer dan sekunder yang tinggi (terutama pada pohon luruh-daun), tepi hutan, hutan monsun dan juga hutan terbuka, juga pada rumpun yang ternaungi pohon-pohon di pedesaan dan pada lahan budidaya. Dari mulai permukaan laut hingga ketinggian 600 m (Pulau Lombok), 930+ m (Pulau Sumba) dan sekitar 720 m (Pulau Timor).

Kode Suara
Xeno-Canto XC66892

Perjumpaan
Cekakak Kalung-coklat sangat sulit diamati karena lokasinya sangat jauh masuk kedalam hutan, untuk mengamati burung ini di lombok kita harus menginap 2 hari dahulu, hari pertama menuju lokasi, kemudian malamnya menginap dan pada pagi harinya langsung menunggu di spot yang sudah ditandai. Keberadaan burung ini tercatat di daerah taman wisata alam hutan kerandangan dan juga di sembalun. Foto diatas diambil dari pencarian google karena pengamat sendiri belum mempunyai koleksi jenis ini.


Contact Form

Name

Email *

Message *