Layang-layang Loreng, Striated Swallow, Hirundo striolata

Layang-layang Loreng, Striated Swallow, Hirundo striolata


Striated Swallow
Hirundo striolata Temminck & Schlegel, 1847; sinonim: Cecropis striolata

Ciri Umum
Burung Layang-layang Loreng atau Striated Swallow berukuran besar sekitar 20 cm. Dadanya burik, tunggir merah. Tubuh bagian atasnya berwarna biru seperti baja, sedangkan tubuh bagian bawah putih kotor dengan garis loreng hitam, ekor terbelah sangat dalam. Warna iris matanya coklat, paruh hitam, dan kaki keabu-abuan.

Habitat dan Kebiasaan
Sangat mirip burung layang-layang lain, tetapi lebih sering dijumpai di dataran rendah dekat daerah pertanian, di Jawa dan bali tidak umum terdapat sampai ketinggian 1.500 m diatas permukaan laut. Hidup berpasangan atau dalam kelompok yang kecil. Dibandingkan dengan burung layang-layang lain, terbang dengan gerakan kepakan yang lebih perlahan dan juga lebih sering terbang melayang. Sarang berbentuk seperti cangkir dari gumpalan lumpur, dengan terowongan atau lubang keluar ditempelkan pada langit-langit atau dinding tembok.

Kode Suara
Xeno-Canto XC68477

Perjumpaan
Layang-layang Loreng atau Hirundo striolata merupakan burung yang cukup mudah dijumpai di perkotaan, sangat umum untuk diamati, sering bersarang di atap gedung dan juga sering terlihat hinggap di kabel listrik,


Contact Form

Name

Email *

Message *