Manyar Jambul, Streaked Weaver, Ploceus manyar

Manyar Jambul, Streaked Weaver, Ploceus manyar

Streaked Weaver
Ploceus manyar (Horsfield, 1821)

Ciri Umum
Manyar Jambul atau Streaked Weaver merupakan burung berukuran kecil dengan panjang sekitar 14 cm, bulu warna emas pada topinya. Burung jantan pada masa sedang berbiak memiliki mahkota kuning emas; sisa bulu bagian kepala, dagu, dan juga tenggorokan hitam; sedangkan tubuh bagian bawah putih dengan coretan hitam pada  bagian dada; tubuh bagian atasnya kecoklatan, dengan sisi kuning agak kemerahan. Burung jantan pada masa tidak berbiak dan juga betina memiliki bulu kepala warna coklat dengan coretan hitam pada bagian mahkota, alis berwarna kuning tua, dan ada bercak keputih-putihan pada bagian leher. Warna iris matanya coklat, paruh abu-abu kehitaman sampai kecoklatan, kaki warna coklat muda.

Habitat dan Kebiasaan
Burung Ploceus manyar terdapat di beberapa tempat dalam sebuah koloni besar dan kelompok nomaden di dataran yang rendah. Pada masa berbiak tampak hidup dalam koloni besar disekitar pohon atau semak-semak tempatnya berbiak. Sedangkan pada musim lain, hidup dalam kelompok yang tercatat tidak menetap. Jantan membuat sarang yang terjalin sangat rumit. Habibat yang disukai oleh burung ini adalah rawa berumput, rumput gelagah dan juga sawah. Kicauannya mirip siulan secara terus menerus.

Kode Suara
Xeno-Canto XC342672

Perjumpaan
Burung manyar jambul dapat diamati di persawahan daerah tanjung karang ampenan, dimana sekitar persawahan tersebut masih banyak ditumbuhi rumput gelagah dan juga kondisi tanahnya yang tergenang, atau bisa juga diamati di pesisir bendungan batujai dan seputaran persawahan dekat bandara internasional lombok. Jumlah nya sangat banyak sekali.


Contact Form

Name

Email *

Message *