Pecuk-padi Hitam, Little Black Cormorant, Phalacrocorax sulcirostris

Pecuk-padi Hitam, Little Black Cormorant, Phalacrocorax sulcirostris


Little Black Cormorant
Phalacrocorax sulcirostris (Brandt, 1837)

Ciri Umum
Pecuk-padi hitam Berukuran sedang dengan panjang sekitar 61 cm, berwarna dominan hitam dengan kilau warna hijau atau ungu. Pada waktu burung ini berbiak terdapat bercak putih pada sisi bagian kepala dan di juga belakang mata. Penutup sayapnya berwarna abu-abu, sisi hitam dan terlihat seperti bersisik. Pada burung Little Black Cormorant yang masih remaja lebih berwarna suram dan tampak berbintik kecoklatan. Kulit muka burung dan kantung paruhnya berwarna abu-abu biru. Warna iris matanya hijau, paruh keabu-abuan dan kaki hitam.

Habitat dan Kebiasaan
Sering mengunjungi danau, kolam dan juga muara. Kadang-kadang hidup di pesisir pantai dan tambak. Umumnnya hidup dalam kelompok yang kecil, tetapi sering juga terlihat burung pecuk-padi hitam ini sendirian. Makanan utamanya antara lain ikan, udang dan serangga dekat perairan. Bersarang dalam sebuah koloni, kadang bergabung bersama jenis kuntul dan ibis. Sarangnya berupa tumpukan dari susunan ranting berukuran besar di anyam pada percabangan pohon atau di permukaan tanah. Kedua induk bekerjasama membangun sarang, mengerami dan merawat anak. Ketika di sarang burung ini bersuara parau, pecah dari tenggorokan.

Kode Suara
Xeno-Canto XC93607

Perjumpaan
Di lombok keberadaan burung pecuk-padi hitam ini tergolong sangat sulit, foto diatas merupakan keberuntungan pengamat bertemu di daerah sekotong, dan hanya terlihat 1 individu saja.


Contact Form

Name

Email *

Message *