Pipit Benggala, Red Avadavat, Amandava amandava

Pipit Benggala, Red Avadavat, Amandava amandava


Red Avadavat
Amandava amandava (Linnaeus, 1758)

Ciri Umum
Pipit Benggala, Red Avadavat merupakan burung berukuran kecil dengan ukuran sekitar 10 cm, bertunggir warna merah. Burung jantannya berwarna merah-padam; sayap dan ekor berwarna kehitaman; terdapat bintik-bintik yang rapih pada sisi tubuh; sayap dan juga tunggir berbintik putih kecil. Burung betinanya memiliki tubuh bagian bawah berwarna kuning tua-abu-abu; mantel coklat; tunggir merah; sayap dan bagian ekor kehitaman, dan juga terdapat beberapa bintik putih pada sayap.
Warna iris matanya coklat; paruh merah; dan kaki merah-daging.

Habitat dan Kebiasaan
Burung Amandava amandava hidup dalam kelompok yang kecil, mengunjungi savana, lahan pertanian, semak, padang rumput, sawah dan juga rumput gelagah hingga ketinggian 1500 m diatas permukaan laut. Terbang dengan cepat dalam kelompok yang tidak mengenal lelah, terlihat sangat mencolok karena warna bulu dan bercak merah-padam pada tunggir.

Kode Suara
Xeno-Canto XC110428

Perjumpaan
Pipit benggala dapat diamati di sekitar bandara internasional lombok pada musim kemarau sekitar bulan agustus hingga oktober. Warnanya yang cantik membuat burung ini sangat bagus dijadikan objek fotografi.


Contact Form

Name

Email *

Message *