Srigunting Jambul-rambut, Hair-crested Drongo, Dicrurus hottentottus

Srigunting Jambul-rambut, Hair-crested Drongo, Dicrurus hottentottus


Hair-crested Drongo
Dicrurus hottentottus (Linnaeus, 1766)

Ciri Umum
Burung Srigunting Jambul-rambut berukuran besar dengan panjang sekitar 32 cm, berbulu dominan hitam mengkilap dan ada bintik-bintik mengkilap terang. Ekornya panjang, terbelah tumpul dengan ujung bulu ekor terluar tertekuk keluar membentuk seperti huruf “U”.  Beberapa ras burung Srigunting Jambul-rambut memiliki jambul berupa bulu-bulu seperti rambut yang lebih panjang di mahkotanya. Warna iris matanya merah dan ada juga yang putih; paruh dan kaki warna hitam.

Habitat dan Kebiasaan
Burung Hair-crested Drongo atau Dicrurus hottentottus Lebih sering ditemukan di hutan yang terbuka sampai dengan ketinggian 1770 m diatas permukaan laut. Bergabung dalam kelompok yang ribut, berkicau dan menyambar makanan berupa serangga di udara terutama saat pagi dan juga sore hari. Kadang juga sering berbaur dengan jenis-jenis burung lain saat memburu serangga dari tenggeran yang rendah. Sering teramati mengikuti mamalia seperti monyet dan tupai untuk menangkap serangga yang terbang terganggu oleh pergerakan mereka. Kadang terlihat hinggap pada pohon yang sudah mati dengan gaya tengger seperti burung pelatuk saat sedang berburu kumbang dan rayap.

Kode Suara
Xeno-Canto XC89640

Perjumpaan
Burung Srigunting Jambul-rambut merupakan burung yang cukup mudah ditemui di beberapa lokasi pengamatan seperti taman wisata alam gunung tunak, hutan tete batu lombok tengah, Hutan wisata alam sebau sembalun dan taman wisata alam hutan kerandangan,seperti tampak pada foto diatas. 


Contact Form

Name

Email *

Message *