Tekukur Biasa, Spotted Dove, Spilopelia chinensis

Tekukur Biasa, Spotted Dove, Spilopelia chinensis



Spotted Dove
Spilopelia chinensis (Scopoli, 1786)
Sinonim: Streptopelia chinensis (Scopoli, 1786)

Ciri Umum
Burung tekukur biasa atau spotted dove berukuran sedang  dengan panjang sekitar 30 cm, bulunya berwarna coklat kemerahjambuan. Ekornya cukup panjang. Bulu ekor terluar memiliki tepi berwarna putih tebal. Bulu sayapnya lebih gelap daripada bulu pada tubuh terdapat juga garis-garis hitam yang khas pada sisi-sisi bagian leher (sangat jelas terlihat), berbintik-bintik putih halus. Warna Iris matanya jingga, paruh hitam dan kaki merah.

Habitat dan Kebiasaan
Sangat mudah dijumpai di daerah yang terbuka, perkampungan, dan juga perkotaan. Hidup bersama manusia di sekitar desa dan persawahan. Mencari makan di atas permukaan tanah. Sering terlihat duduk berpasangan di jalan yang terbuka. Bila burung ini terganggu akan segera terbang rendah di atas tanah dengan kepakan sayap yang pelan khas. Nada suaranya merdu dan diulang-ulang: “te-kuk-kurr”, dengan suara nada terakhir agak memanjang (asal nama burung ini dari suaranya yang khas).

Kode Suara
Xeno-Canto XC31444

Perjumpaan
Burung tekukur biasa merupakan burung yang sangat umum terlihat di perkotaan, hingga pada kabel listrik dan pepohonan di sekitar perumahan. Burung ini juga merupakan sasaran empuk bagi para penembak. Seperti pada foto diatas, pengamat mendokumentasikan di pesisir pantai bangko-bangko lombok bagian selatan.


Contact Form

Name

Email *

Message *