Trinil Kaki-merah, Common Redshank, Tringa totanus

Trinil Kaki-merah, Common Redshank, Tringa totanus


Common Redshank
Tringa totanus (Linnaeus, 1758)

Ciri Umum
Trinil Kaki-merah atau Common Redshank merupakan burung berukuran sedang dengan panjang sekitar 28 cm. Warna Kaki jingga kemerahan dan pada bagian pangkal paruhnya merah. Bagian atas burung berwarna abu-abu kecoklatan, sedangkan bagian bawah putih, dada tampak bercoretan coklat. Sewaktu burung terbang, tunggir yang putih terlihat sangat jelas dan bulu sekunder yang putih memberikan kesan yang cukup jelas di bagian pinggir sayap. Pada ekor seluruhnya tampak bergaris-garis halus warna hitam dan putih. Warna iris matanya coklat, paruh dan pangkal merah dan ujung hitam, kaki juga jingga merah.

Habitat dan Kebiasaan
Tringa totanus sering mengunjungi beting lumpur, pantai, rawa dan juga tambak yang dikeringkan, sawah yang dekat laut, atau kadang-kadang juga masuk jauh ke pedalaman. Umumnya trinil kaki-merah hidup dalam kelompok yang kecil, sering bergabung dengan burung perancah lain. Memakan jenis inverteberata. Bersarang di cekungan pada permukaan tanah yang terbuka di dekat atau di bawah vegetasi. Burung pejantan membangun pondasi dasar sarang kemudian sang betina merajutnya dengan tumpukan ranting dan akar. Jumlah telurnya sekitar 5 butir yang dierami selama 25 hari oleh kedua induknya secara bergantian.

Kode Suara
Xeno-Canto XC373761

Perjumpaan
Secara umum burung ini berbiak di Eropa, kemudian bermigrasi ke Afrika, India dan Asia tenggara pada musim dingin. Beberapa burung mengembara sampai Pulau Kalimantan bagian utara dan Sumatera. Di Lombok burung ini dapat diamati di sekitar tambak ikan bandeng sekotong, tampak dalam kelompok kecil sekitar 20 ekor berkumpul mencari makan pada lumpur dekat dengan bakau.


Contact Form

Name

Email *

Message *