Trinil Pembalik-batu, Ruddy Turnstone, Arenaria interpres

Trinil Pembalik-batu, Ruddy Turnstone, Arenaria interpres


Ruddy Turnstone
Arenaria interpres (Linnaeus, 1758)

Ciri Umum
Burung Trinil Pembalik-batu atau Ruddy Turnstone Berukuran sedang sekitar 23 cm, cukup mudah dikenali. Paruh tampak pendek, kaki dan tungkai warna jingga terang. Pada kepala dan bagian dada terlihat suatu pola yang rumit dan sangat khas dari paduan warna-warna hitam, coklat dan putih. Bentuk paruh sangat khas. Sewaktu burung terbang dilihat dari atas, berpola hitam dan juga putih tebal. Warna iris matanya coklat, paruh hitam, juga kaki jingga.

Habitat dan Kebiasaan
Trinil Pembalik-batu atau Arenaria interpres Sering mngunjungi gosong lumpur, pantai berpasir, dan juga rangkaian karang berbatu dalam sebuah kelompok kecil. Kadang-kadang mencari makan di daratan atau di daerah terbuka yang cukup dekat dengan laut. Umumnya hidup tidak suka berbaur dengan jenis perancah lain. Jenis ini mendapatkan namanya dari kebiasaannya yang suka menarik, yaitu mendorong atau juga membalikkan batu di pantai untuk mencari makanan berupa udang-udangan di bawahnya. Berumur cukup panjang dengan rata-rata hingga 9 tahun, dengan catatan tertua hingga berumur 19 tahun. Tipe perkawinannya adalah monogami, individu burung sering datang kembali ke spot favorit yang sama dari tahun ke tahun. Penerbang yang sangat tangguh, saat sedang bermigrasi mampu terbang non-stop dari negara Australia hingga Taiwan.

Kode Suara
Xeno-Canto XC373760

Perjumpaan
Di Lombok burung ini tercatat pernah terlihat di gili meno, lombok utara. Cukup sulit menjumpai jenis ini sekarang karena spot favoritnya sudah menjadi lokasi wisata yang cukup ramai didatangi manusia.


Contact Form

Name

Email *

Message *