Walik Kembang, Black-naped Fruit-dove, Ptilinopus melanospilus

Walik Kembang, Black-naped Fruit-dove, Ptilinopus melanospilus


Black-naped Fruit-dove
Ptilinopus melanospilus (Salvadori, 1875)
Sinonim: Ptilinopus melanospila (Salvadori, 1875)

Ciri Umum
Burung walik kembang dewasa berukuran sedang dengan panjang sekitar 27 cm, bulu berwarna dominan hijau. Pada burung jantan: warna kepala putih dan tengkuk hitam, sedikit bercak kuning pada kerongkongan, bawah dada dan pada tubuh bagian atasnya hijau, bulu penutup ekor berwarna kuning kemerahan. Sedangkan pada burung betina tampak pada seluruh tubuhnya hijau, kecuali di bulu penutup ekornya yang merah dan pada sisi-sisi bulu sayap dan perut bawahnya kuning. Warna iris matanya kuning, paruh kuning kehijauan dan kaki merah.

Habitat dan Kebiasaan
Walik kembang merupakan jenis yang sangat pemalu, hidup berpasangan, lebih sering terdengar suaranya daripada terlihat wujudnya. Kadang-kadang dalam kelompok yang cukup besar berkumpul pada pohon buah-buahan dan di tempat bertengger. Menghuni pulau-pulau kecil di lepas pantai dan umum ditemukan sampai dataran rendah dan juga hutan-hutan bukit, sampai dengan ketinggian 800 m diatas permukaan laut.

Kode Suara
Xeno-Canto XC37413

Perjumpaan
Di pulau lombok, burung walik kembang atau Black-naped Fruit-dove, Ptilinopus melanospilus ini bisa di amati di taman wisata alam hutan kerandangan lombok barat. Perlu kejelian dan kesabaran menunggu. Lebih mudah menunggu di pohon yang sedang berbuah kecil yang merupakan makanan favoritnya. Burung yang sangat cantik untuk dijadikan objek fotografi.


Contact Form

Name

Email *

Message *