Wiwik Uncuing, Rusty-breasted Cuckoo, Cacomantis sepulcralis

Wiwik Uncuing, Rusty-breasted Cuckoo, Cacomantis sepulcralis



Rusty-breasted Cuckoo
Cacomantis sepulcralis (S. Müller, 1843)

Ciri Umum
Burung wiwik uncuing atau rusty-breasted cuckoo merupakan burung yang berukuran Sedang dengan panjang sekitar 23 cm, tubuh berwarna coklat agak keabu-abuan. Pada bagian Kepala tampak abu-abu; punggung, sayap, dan juga ekor berwarna coklat keabu-abuan; sedangkan tubuh bagian bawah burung berwarna merah-karat. Punggung burung yang masih muda cenderung masih berwarna coklat-terang, warna tubuh bagian bawahnya juga keputih-putihan, dan seluruh tubuhnya berpola garis-garis hitam yang cukup lebar dan jelas. Warna Iris matanya coklat dengan lingkar mata warna kuning; paruh hitam dengan bintik-bintik jingga; dan kaki berwarna abu-abu. Sangat mirip saudaranya burung Wiwik abu-abu namun tampak lebih gelap.

Habitat dan Kebiasaan
Burung wiwik uncuing hidup di dataran rendah di daerah perbukitan sampai dengan ketinggian 1.600 m diatas permukaan laut. Lebih sering menghuni hutan, tepi hutan, tumbuhan sekunder, pada perkebunan, dan juga mengunjungi kebun-kebun di pedesaan. Suara seperti siulan terdengar sedih “wiit” atau “pii-wiit“, diulang 10 sampai 25 kali, dengan nada yang kian merendah. Juga terdengar kicauan meninggi, lebih cepat, dan tidak teratur; mirip kicauan burung Wiwik abu-abu.

Kode Suara
Xeno-Canto XC67798

Perjumpaan
Penyebaran global mulai dari Semenanjung Malaysia, Thailand selatan, dan Filipina. Daerah Lokal mulai pulau Kalimantan, Sumatera, Jawa, Bali, Sulawesi, Maluku, dan juga Nusa Tenggara. Seperti pada foto diatas, pengamat mendokumentasikan di taman wisata alam suranadi. Kondisi semak hutan yang sangat rapat dan gelap membuat pengambilan foto ini cukup sulit jika tanpa menggunakan bantuan tripod.


Contact Form

Name

Email *

Message *